MITIGASI BENCANA DESA

Banjir merendami beberapa rumah warga diDesa Garunggung hingga jam 17.00 WITA, ada beberapa rumah yang terdampak dari meluapnya sungai Tabalong yang mengaliri disalah satu sisi Desa Garunggung.

Ketinggian rendaman sudah mencapai 33,4 mdpl sehingga yang terdampak 10 buah rumah yaitu pada RT 01; 1 buah rumah, RT 03; 5 buah rumah dan di RT 04; 4 buah rumah. Sedangkan RT yang rawan yaitu RT 02 dan karena berada di dataran lebih tinggi RT 05 dan 06 tidak akan terendam banjir.


Desa Garunggung mempunyai alat pemantau Banjir yaitu METERAN BANYU, dengan titik terendah 33,00 mdpl singkatan dari meter dari permukaan laut. Alat yang dirancang dan dibuat sederhana ini untuk memantau perkembangan kedalaman rendaman. 33,00 mdpl adalah titik terendah pemukiman masyarakat.

3 Unit yang berada di RT 01, RT 03 dan RT 04 tersebut menggunakan penerangan solar sel (tenaga matarai) dengan sensor gerak. Ini untuk mengatisipasi apabila malam dan PLN tidak dapat mengsuplai penerangan.


Dengan memungsikan UPBS PAGAR dan masyarakat setempat memantau perkembangan tersebut dan apabila situasi tidak memungkinkan Desa Garunggung mempunyai 3 titik kumpul dengan panduan “Jalur Evakuasi” yang ditempatkan dibeberapa titik dengan tujuan.

0 Komentar